Thursday 4 December 2014

4 Jenis Pengeluaran berdasarkan Habiskan Saja Gajimu



"Habiskan Saja Gajimu" by Ahmad Ghozali

Bukan promosi sih. It's just recommended for pekerja muda atau pebisnis pemula.

Sebetulnya buku ini dibeli dan selesai dibaca beberapa bulan yang lalu, but I think it's still worth sharing :)

Buku ini mengajarkan bagaimana cara me-manage keuangan dengan baik (berapapun nominal penghasilannya) dan perlahan mengubah mindset kita tentang mengelola gaji.

Inilah urutan pengeluaran berdasarkan prioritasnya:


  1. Sosial (sedekah selain zakat fitrah yang hukumnya wajib). 2,5% dari penghasilan itu bukan hak kita :) agama apapun pasti mengutamakan berbagi terhadap sesama, bukan?
  2. Cicilan hutang. Alokasikan uang untuk melunasi semua jenis cicilan/hutang, seperti listrik, air, telepon/internet, rumah, kendaraan, dll. termasuklah kredit sprei dan panci :p
  3. Saving. Jangan nunggu ada sisa gaji baru menabung. Dahulukan nabung. Selain nabung di piggybank atau rekening bank, saving di sini bisa diartikan bayar premi asuransi atau mulai investasi (bisa dimulai yang ter-simple misalnya beli emas) 
  4. Shopping. Nah, kalau pengeluaran sosial, cicilan, dan nabung sudah terpenuhi, habiskanlah sepuasnya sisanya buat biaya hidup sehari-hari seperti pulsa, baju baru, makan, dan lain sebagainya ;)
So, habiskan saja gajimu (di jalan yang benar tentunya). Memahami isi buku ini memang mudah, tapi menerapkannya yang sulit dan penuh tantangan. Bismillah...


1 comment: